Cahyani, Desi Eka Nur (2018) HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA SEMESTER 4 PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN S1 DI STIKES HARAPAN BANGSA PURWOKERTO. S1 thesis, Universitas Harapan Bangsa.
AWAL-Desi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (695kB)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (303kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (111kB)
Abstract
Pendidikan merupakan suatu bidang yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat. Tercapainya tingkat keberhasilan suatu pendidikan, maka perlu diadakan evaluasi. Prestasi belajar merupakan hasil dari pengukuran dan penilaian usaha belajar. Penggunaan gaya belajar yang tepat maka akan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Jumlah mahasiswa di STIKes Harapan Bangsa tahun ajaran 2017/2018 program studi Keperawatan S1 sebanyak 425 mahasiswa dengan IPK tertinggi adalah 4 dan rata-rata IPK adalah 2,99. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan gaya belajar dengan prestasi belajar mahasiswa semester 4 program studi Ilmu Keperawatan S1 di STIKes Harapan Bangsa Purwokerto. Desain penelitiannya adalah survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampel yang digunakan adalah total sampling, sampel penelitian ini adalah semua mahasiswa semester 4 program studi Ilmu Keperawatan S1 sebanyak 101 mahasiswa. Instrumen penelitian menggunakan VARK kuesioner. Analisis statistik menggunakan spearman-rank. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar memiliki gaya belajar kinestetik (41,6%), paling banyak memiliki prestasi belajar kategori sangat memuaskan (IP: 3,01-3,50) (50,8%). Tidak ada hubungan gaya belajar dengan prestasi belajar mahasiswa semester 4 program studi Ilmu Keperawatan S1 di STIKes Harapan Bangsa Purwokerto dengan ρ-value sebesar 0,981 (ρ-value > α).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya Belajar, Mahasiswa, Prestasi Belajar |
Subjects: | Kesehatan > Keperawatan |
Divisions: | Fakultas Kesehatan > S1 Keperawatan |
Depositing User: | Fuad Wahyu Budianto |
Date Deposited: | 25 Oct 2021 07:48 |
Last Modified: | 12 Sep 2022 03:17 |
URI: | http://eprints.uhb.ac.id/id/eprint/1065 |