FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT BURNOUT SYNDROME PADA GURU SEKOLAH LUAR BIASA

Laksmi, Desiana Ade (2018) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT BURNOUT SYNDROME PADA GURU SEKOLAH LUAR BIASA. S1 thesis, Universitas Harapan Bangsa.

[thumbnail of AWAL-Desiana.pdf] Text
AWAL-Desiana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)

Abstract

Burnout syndrome adalah suatu kondisi psikologis dimana seseorang merasa kelelahan baik secara fisik, emosi dan mental akibat tuntutan yang terlalu membebankan tenaga dan kemampuan seseorang. Salah satu profesi yang rentan mengalami burnout syndrome adalah guru sekolah luar biasa. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi burnout syndrome beberapa diantaranya adalah usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, masa kerja dan efikasi diri.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat burnout syndrome pada guru sekolah luar biasa.
Desain penelitian ini adalah korelasi deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan total sampling yaitu sebanyak 35 responden. Analisa statistik menggunakan spearman-rank. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa usia (p-value = 0,022), jenis kelamin (p-value = 0,019), masa kerja (p-value = 0,017), dan efikasi diri (p-value = 0,011) berhubungan dengan tingkat burnout syndrome pada guru sekolah luar biasa, sedangkan tingkat pendidikan (p-value = 0,173) tidak berhubungan dengan tingkat burnout syndrome pada guru sekolah luar biasa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Burnout Syndrome, Guru Sekolah Luar Biasa
Subjects: Kesehatan > Keperawatan
Divisions: Fakultas Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Fuad Wahyu Budianto
Date Deposited: 25 Oct 2021 07:55
Last Modified: 26 Sep 2022 06:31
URI: http://eprints.uhb.ac.id/id/eprint/1069

Actions (login required)

View Item
View Item