HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR KOGNITIF ANAK USIA PRE-SCHOOL DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL SIDABOWA KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS

Tresnowati, Sonia (2018) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR KOGNITIF ANAK USIA PRE-SCHOOL DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL SIDABOWA KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS. S1 thesis, Universitas Harapan Bangsa.

[thumbnail of Awal-Sonia.pdf] Text
Awal-Sonia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)

Abstract

Sonia Tresnowati, Murniati, Roro Lintang Suryani
Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Kognitif Anak Usia Pre-school Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sidabowa Kecamatan Patikraja Tahun 2018
xviii+70 halaman+7 tabel+5 gambar+11 lampiran

ABSTRAK

Prestasi belajar merupakan sesuatu yang dibutuhkan seseorang untuk mengetahui kemampuan setelah melakukan kegiatan yang bersifat belajar. Prestasi belajar dapat diamati pada anak usia 3 sampai 6 tahun (usia pre-school). Salah satu prestasi belajar yang dapat diamati pada anak usia pre-school adalah prestasi belajar kognitif. Beberapa faktor lingkungan dapat mempengaruhi prestasi belajar kognitif anak usia pre-school salah satunya adalah pola asuh orang tua karena penerapan pola asuh yang berbeda menyebabkan prestasi belajar yang diperolehpun berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar kognitif anak usia pre-school di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sidabowa Kecamatan Patikraja. Jenis penelitian yang digunakan adalah corelation study dengan pendekatan cross sectional dengan sampel sebanyak 40 orang tua dan 40 peserta didik yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitiaan ini yaitu kuesioner dan studi dokumentasi dengan nilai rapor. Uji statistik yang digunakan yaitu distribusi frekuensi dan kolmogorv smirnov. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa pola asuh yang paling dominan diterapkan adalah pola asuh demokratis sebanyak 65%. Peneliti juga menemukan adanya hubungan antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar kognitif anak usia pre-school di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sidabowa (ρ= 0.002).

Keyword: pola asuh orang tua, prestasi belajar, kognitif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Kesehatan > Keperawatan
Divisions: Fakultas Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Fuad Wahyu Budianto
Date Deposited: 26 Oct 2021 08:54
Last Modified: 26 Oct 2021 08:54
URI: http://eprints.uhb.ac.id/id/eprint/1197

Actions (login required)

View Item
View Item