ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI KEPERAWATAN S1 ALIH JENJANG DI STIKES HARAPAN BANGSA PURWOKERTO TAHUN 2017

Muswantoro, Anang Puji (2017) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI KEPERAWATAN S1 ALIH JENJANG DI STIKES HARAPAN BANGSA PURWOKERTO TAHUN 2017. S1 thesis, Universitas Harapan Bangsa.

[thumbnail of AWAL.pdf] Text
AWAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (853kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)

Abstract

Anang Puji Muswantoro, Tri Sumarni, Wasis Eko P
Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Keperawatan S1 Alih Jenjang Di STIKES Harapan Bangsa Purwokerto Tahun 2017
xv + 52 halaman + 17 tabel + 2 gambar + 7 lampiran

ABSTRAK

Pendidikan merupakan keseluruhan proses pendidikan yang diorganisasikan, baik formal maupun non formal. Proses belajar merupakan kegiatan utama mahasiswa dan banyak sekali faktor yang mempengaruhi kegiatan belajar, salah satunya adalah motivasi belajar. Motivasi merupakan dorongan individu untuk berbuat/ mengerjakan sesuatu dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhannya. Banyak faktor yang mempengaruhi motivasi belajar, yaitu minat, dukungan keluarga, peran dosen dan kondisi lingkungan.
Adapun tujuan penelitian adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa Program Studi Keperawatan S1 Alih Jenjang di STIKES harapan Bangsa Purwokerto.
Jenis penelitian ini bersifat analitik dengan pendekatan cross
sectional. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Keperawatan S 1 alih jenjang yang berjumlah 164 orang. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kategori motivasi belajar tinggi sebesar 77 %, kategori minat belajar tinggi sebesar 65,2 %, kategori dukungan keluarga tinggi sebesar 66,7 %, kategori peran dosen tinggi sebesar 63 % dan dan kategori kondisi lingkungan tinggi sebesar 63,7 %.
Kesimpulan ada hubungan minat dengan motivasi belajar dengan p value = 0,0001, ada hubungan dukungan keluarga dengan motivasi belajar, dengan p value = 0.004, ada hubungan peran dosen dengan motivasi belajar, dengan p value = 0,006, ada hubungan kondisi lingkungan dengan motivasi belajar, dengan p value = 0,014.

Kata kunci : motivasi belajar, minat, dukungan keluarga, peran dosen, kondisi lingkungan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Kesehatan > Keperawatan
Divisions: Fakultas Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Fuad Wahyu Budianto
Date Deposited: 27 Oct 2021 06:01
Last Modified: 27 Oct 2021 06:01
URI: http://eprints.uhb.ac.id/id/eprint/1252

Actions (login required)

View Item
View Item