GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP UPT DINKES PUSKESMAS KARANGKOBAR KABUPATEN BANJARNEGARA

Setiyawan, Arief Budi (2017) GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP UPT DINKES PUSKESMAS KARANGKOBAR KABUPATEN BANJARNEGARA. S1 thesis, Universitas Harapan Bangsa.

[thumbnail of AWAL.pdf] Text
AWAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[thumbnail of BAB I fix.pdf] Text
BAB I fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)

Abstract

Arief Budi Setiyawan1), Madyo Maryoto2), Adiratna Sekar Siwi3)
Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien di ruang rawat inap UPT Dinkes Puskesmas Karangkobar Kabupaten Banjarnegara
+ 75 halaman + 9 tabel + 2 gambar + 7 lampiran

ABSTRAK

Puskesmas dituntut untuk meningkatkan kualitas kinerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Oleh karena itu diperlukan penilaian pelayanan yang sudah diberikan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan populasi penelitian adalah keseluruhan pasien yang menjalani rawat inap di Puskesmas Karangkobar. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 55 pasien sesuai dengan kriteria inklusi dan ekslusi dengan menggunakan teknik accidental sampling. Penelitian ini hanya menggunakan analisis uji univariat.
Sebagian besar pasien rawat inap di UPT Dinkes Puskesmas Karangkobar berjenis kelamin perempuan yaitu sebanyak 28 orang (50,9%), usia kategori lanjut usia yaitu 21 orang (38,2%), tingkat pendidikan SD sejumlah 22 orang (40%), jaminan kesehatan mandiri sejumlah 39 orang (70,9%) dan bermata pencaharian petani sejumlah 27 orang (49,1%). Tingkat kepuasan pasien ditinjau dari dimensi bukti fisik (tangibles) berada pada kategori cukup yaitu 39 orang (70,9%), dimensi kehandalan (reliability) berada pada kategori cukup yaitu 37 orang (67,3%), dimensi daya tanggap (responsiveness) berada pada kategori cukup yaitu 39 orang (70,9%), dimensi jaminan (assurance) berada pada kategori cukup yaitu 34 orang (61,8%) dan dimensi empati (emphaty) berada pada kategori cukup yaitu 37 orang (67,3%).
Kesimpulan dari penelitian tentang gambaran tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap adalah cukup baik.

Kata kunci : Kepuasan, Puskesmas

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Kesehatan > Keperawatan
Divisions: Fakultas Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Fuad Wahyu Budianto
Date Deposited: 27 Oct 2021 07:58
Last Modified: 27 Oct 2021 07:58
URI: http://eprints.uhb.ac.id/id/eprint/1285

Actions (login required)

View Item
View Item