EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN VIDEO DAN PERAGAAN CUCI TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN CUCI TANGAN ANAK PRASEKOLAH DI TK AISYAH BUSTHANUL ATHFAL DESA LEDUG KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2016

Burhanudin, Burhanudin (2016) EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN VIDEO DAN PERAGAAN CUCI TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN CUCI TANGAN ANAK PRASEKOLAH DI TK AISYAH BUSTHANUL ATHFAL DESA LEDUG KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2016. S1 thesis, Universitas Harapan Bangsa.

[thumbnail of AWAL.pdf] Text
AWAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (707kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)

Abstract

Permasalahan hygiene sering terjadi pada anak usia 4-5 tahun, karena pada usia tersebut rasa ingin tahu dan minat berekplorasi anak terhadap lingkungan meningkat sehingga anak prasekolah rentan menderita penyakit yang berhubungan dengan hygiene. Salah satu usaha untuk mencegah dan menanggulangi permasalahan hygiene adalah melalui kegiatan pendidikan kesehatan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengindentifikasi efektivitas pendidikan kesehatan menggunakan video dan peragaan cuci tangan terhadap keterampilan cuci tangan anak prasekolah di TK Aisyah Busthanul Athfal.
Jenis penelitian ini adalah quasy ekperimental design dengan rancangan pretest-posttest design, yang terbagi menjadi 2 kelompok perlakuan yaitu 16 responden menggunakan video dan 16 responden menggunakan peragaan. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar cheklist. Analisa statistik menggunakan uji paired T-test dan independent T-test.
Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan rata-rata skor keterampilan responden sesudah diberikan intervensi menggunakan video adalah 8,625 dan rata-rata skor keterampilan responden sesudah diberikan intervensi menggunakan peragaan adalah 8,375.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan signifikan efektivitas pendidikan kesehatan menggunakan video dan peragaan cuci tangan anak prasekolah dengan nilai (p value = 0,46 > 0,005).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan kesehatan, keterampilan, video, peragaan, anak prasekolah
Subjects: Kesehatan > Keperawatan
Divisions: Fakultas Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Fuad Wahyu Budianto
Date Deposited: 02 Nov 2021 08:21
Last Modified: 12 Sep 2022 06:49
URI: http://eprints.uhb.ac.id/id/eprint/1654

Actions (login required)

View Item
View Item