PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG CARA MENGGOSOK GIGI TEKNIK MODIFIKASI BASS TERHADAP PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 PENAMBONGAN KECAMATAN PURBALINGGA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2016

Pramono, Chintiya Putri (2016) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG CARA MENGGOSOK GIGI TEKNIK MODIFIKASI BASS TERHADAP PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 PENAMBONGAN KECAMATAN PURBALINGGA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2016. S1 thesis, Universitas Harapan Bangsa.

[thumbnail of AWAL.pdf] Text
AWAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)

Abstract

Permasalahan gigi mayoritas terjadi pada anak usia 6-12 tahun, karena pada usia tersebut gigi susu mulai tanggal dan gigi permanen mulai tumbuh sehingga gigi rentan terhadap kerusakan. Cara menggosok gigi yang tidak benar masih banyak dilakukan oleh anak-anak, padahal menggosok gigi secara manual paling sering dilakukan untuk membantu mencegah dan mengatasi permasalahan gigi. Salah satu usaha untuk mencegah dan menanggulangi permasalahan gigi adalah melalui kegiatan pendidikan kesehatan tentang cara mengosok gigi dengan metode demontrasi dan media alat peraga untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anak dalam menggosok gigi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang cara menggosok gigi dengan teknik modifikasi bass terhadap pengetahuan dan keterampilan siswa kelas IV SDN 2 Penambongan dalam menggosok gigi dengan teknik modifikasi bass.
Jenis penelitian ini adalah pre eksperimen dengan jenis rancangan pre and post test one group design. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan lembar checklist. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling dengan jumlah responden 38 anak. Analisis statistik menggunakan uji Wilcoxon.
Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan rata-rata skor pengetahuan responden sesudah diberikan intervensi sebanyak 2,92. Peningkatan rata-rata skor keterampilan responden sesudah diberikan intervensi sebanyak 5,02.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh antara pendidikan kesehatan tentang cara menggosok gigi teknik modifikasi bass terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan anak dalam menggosok gigi teknik modifikasi bass dengan nilai (p value = 0,0001≤ 0,05).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pendidikan kesehatan, pengetahuan, keterampilan, teknik modifikasi bass
Subjects: Kesehatan > Keperawatan
Divisions: Fakultas Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Fuad Wahyu Budianto
Date Deposited: 02 Nov 2021 08:26
Last Modified: 20 Sep 2022 06:26
URI: http://eprints.uhb.ac.id/id/eprint/1656

Actions (login required)

View Item
View Item