PERBEDAAN PENDIDIKAN KESEHATAN VULVA HYGIENE DENGAN MEDIA BOOKLET DAN AUDIO VISUAL TERHADAP PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN SISWI KELAS IX SMP GUNUNG JATI KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS

Aini, Nur Sefri (2016) PERBEDAAN PENDIDIKAN KESEHATAN VULVA HYGIENE DENGAN MEDIA BOOKLET DAN AUDIO VISUAL TERHADAP PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN SISWI KELAS IX SMP GUNUNG JATI KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS. S1 thesis, Universitas Harapan Bangsa.

[thumbnail of AWAL.pdf] Text
AWAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)

Abstract

Masa remaja merupakan suatu periode transisi antara masa kanak-kanak dan masa dewasa. Remaja perlu mengetahui kesehatan reproduksi agar memiliki informasi yang tepat untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam menjaga hygiene kewanitaan. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan pendidikan kesehatan. Salah satu media pendidikan kesehatan yang dapat digunakan adalah booklet dan audio-visual.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pendidikan kesehatan vulva hygiene dengan media booklet dan audio visual terhadap pengetahuan dan keterampilan siswi kelas IX di SMP Gunung Jati Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas.
Penelitian ini merupakan quasy eksperiment dengan metode pre-test and post-test design. Populasi pada penelitian ini sebanyak 32 responden atau non probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner dan observasi ceklist. Teknik analisa data menggunakan uji Wilcoxon.
Hasil uji Wilcoxon menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan yang signifikan antara sebelum dan sesudah dilakukan pendidikan kesehatan vulva hygiene pada masing-masing kelompok intervensi. Hasil analisis menunjukkan {pengetahuan: p=0,011 (booklet); p=0.000 (audio visual) , keterampilan: p=0,001 (booklet); p=0,000) (audio visual)}. Hasil uji Mann Whitney menunjukkan ada perbedaan signifikan terhadap pengetahuan dan keterampilan pada media audio visual dan booklet (pengetahuan: p=0,014; α=0,05 , keterampilan: p= 0,024; α=0,05). Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan pendidikan kesehatan antara booklet dan audio visual dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilann vulva hygiene.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: vulva hygiene, pengetahuan, keterampilan, booklet, audio visual
Subjects: Kesehatan > Keperawatan
Divisions: Fakultas Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Fuad Wahyu Budianto
Date Deposited: 03 Nov 2021 06:40
Last Modified: 12 Sep 2022 04:29
URI: http://eprints.uhb.ac.id/id/eprint/1725

Actions (login required)

View Item
View Item