PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PENGGUNA BPJS DAN NON BPJS TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DI RSUD. PROF. DR. MARGONO SOEKARJO PURWOKERTO

Rokhimah, Siti (2016) PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PENGGUNA BPJS DAN NON BPJS TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DI RSUD. PROF. DR. MARGONO SOEKARJO PURWOKERTO. S1 thesis, Universitas Harapan Bangsa.

[thumbnail of 1. AWALAN BPJS.pdf] Text
1. AWALAN BPJS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (770kB)
[thumbnail of 2. BAB I BPJS.pdf] Text
2. BAB I BPJS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA BPJS.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA BPJS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)

Abstract

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) merupakan program kesehatan masyarakat yang sedang di upayakan oleh pemerintah guna meningkatkan system jaminan kesehatan nasional. Dengan adanya program kesehatan yang baru diharapkan tingkat kepuasan pasien yang menggunakan BPJS sama dengan kepuasan pasien Non BPJS. Pengalihan jaminan kesehatan ke BPJS banyak pro dan kontra yang bermunculan serta keluhan berkaitan dengan Permasalahan pelayanan kesehatan diantaranya pasien penyakit kronis yang diberikan obat kurang dari 30 hari (hanya 3-7 hari) sehingga pasien berulang kali ke rumah sakit, kemudian pasien masih dikenakan urun biaya rumah sakit. Angka kejadian di RSUD Panembahan senopati bantul tahun 2014 presentase kepuasan pasien askes 71,7 % sedangkan persentase kepuasan pada pasien umum 58,3 %.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan comparative study yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kepuasan Pasien pengguna BPJS dan Non BPJS Terhadap Kualitas Pelayanan Keperawatan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah cluster sampling dimana pengambilan sampel menggunakan metodesimple randon sampling dan diperoleh responden sebanyak 44 orang. Analisa statistic menggunakan Mann Whitney U.
Hasil penelitian didapatkan sebagian besar tingkat kepuasan pasien BPJS adalah cukup puas sebanyak 24 responden (55,5%). Sebagian besar tingkat kepuasan pasien non BPJS adalah puas sebanyak 23 responden (52,3%) Tidak ada perbedaan tingkat kepuasan pasien pengguna BPJS dan Non BPJS terhadap kualitas pelayanan keperawatan dengan p-value 0,215 < α.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kepuasan, Pasien BPJS dan Non BPJS, Kualitas Pelayanan Keperawatan
Subjects: Kesehatan > Keperawatan
Divisions: Fakultas Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Fuad Wahyu Budianto
Date Deposited: 04 Nov 2021 01:03
Last Modified: 20 Sep 2022 07:55
URI: http://eprints.uhb.ac.id/id/eprint/1786

Actions (login required)

View Item
View Item