HUBUNGAN PERSEPSI PASIEN TENTANG PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUANG SERUNI RSUD PROF. DR. MARGONO SOEKARJO PURWOKERTO

Andiningsih, Upi Bodrowati (2016) HUBUNGAN PERSEPSI PASIEN TENTANG PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUANG SERUNI RSUD PROF. DR. MARGONO SOEKARJO PURWOKERTO. S1 thesis, Universitas Harapan Bangsa.

[thumbnail of Awal.pdf] Text
Awal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (942kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)

Abstract

Kepuasan pasien merupakan tingkat perasaan pasien yang timbul setelah membandingkan antara kenyataan dengan harapan pasien terhadap pelayanan keperawatan yang didapatkannya yaitu seperti yang tercermin dalam perilaku caring. Caring merupakan tindakan keperawatan yang dilakukan setiap hari secara terus menerus dengan rasa peduli serta tulus ikhlas terhadap masalah yang dihadapi pasien. Perilaku caring perawat sangat penting dalam memenuhi kepuasan pasien, hal ini menjadi salah satu indikator kualitas pelayanan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi pasien tentang perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien rawat inap di ruang Seruni RSUD. Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto.
Jenis penelitian yang digunakan adalah observasi analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap di ruang Seruni RSUD. Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 71 responden. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Chi Square.
Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden (59,2%) menyatakan bahwa perawat mempunyai perilaku caring baik dan sebagian besar responden (63,4%) merasa puas selama menjalani perawatan di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto. Berdasarkan hasil uji statistik dengan uji Chi Square diperoleh nilai signifikan p value 0.000 < nilai α 0.05, yang berarti ada hubungan antara persepsi pasien tentang perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien rawat inap di ruang Seruni RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persepsi pasien; Perilaku caring; Kepuasan pasien
Subjects: Kesehatan > Keperawatan
Divisions: Fakultas Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Fuad Wahyu Budianto
Date Deposited: 04 Nov 2021 03:32
Last Modified: 12 Sep 2022 04:35
URI: http://eprints.uhb.ac.id/id/eprint/1817

Actions (login required)

View Item
View Item