PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL (BOOKLET) TERHADAP KEBERHASILAN TOILET TRAINING PADA ANAK USIA TODDLER (1-3 TAHUN) DI PAUD SINAR MENTARI KEMBARAN PURWOKERTO

SUSANTI, FAJAR (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL (BOOKLET) TERHADAP KEBERHASILAN TOILET TRAINING PADA ANAK USIA TODDLER (1-3 TAHUN) DI PAUD SINAR MENTARI KEMBARAN PURWOKERTO. S1 thesis, Universitas Harapan Bangsa.

[thumbnail of AWAL.pdf] Text
AWAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)

Abstract

Toilet training pada anak merupakan suatu upaya untuk melatih anak agar mampu mengontrol buang air kecil dan buang air besar di toilet dengan benar. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi toilet training meliputi pengetahuan ibu, pendidikan ibu, kesiapan anak, dan bagaimana cara mengajarkan anak dalam toilet training. Penggunaan media visual (booklet) merupakan salah satu cara yang dapat digunakan oleh orangtua dalam mengajarkan toilet training.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media visual (booklet) terhadap keberhasilan toilet training pada anak usia toddler (1-3 tahun).
Metode penelitian ini adalah pra eksperiment dengan rancangan One group pre and post test design. Populasi penelitian adalah anak usia toddler yang berjumlah 29 responden, dengan menggunakan teknik total sampling.
Hasil analisa data dengan menggunakan uji Wilcoxon Paired Rank Test diperoleh nilai p- value ≤ 0.05. Hasil penelitian menunjukan ada perbedaan penggunaan media visual terhadap keberhasilan toilet training pada anak usia 1-3 tahun (toddler).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media visual, toilet training, toddler
Subjects: Kesehatan > Keperawatan
Divisions: Fakultas Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Salman Al Farizi
Date Deposited: 05 Nov 2021 08:19
Last Modified: 07 Sep 2022 07:23
URI: http://eprints.uhb.ac.id/id/eprint/1872

Actions (login required)

View Item
View Item