HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU FARMASI DI UNIVERSITAS HARAPAN BANGSA PURWOKERTO

Ulfi, Ida (2019) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU FARMASI DI UNIVERSITAS HARAPAN BANGSA PURWOKERTO. S1 thesis, Universitas Harapan Bangsa.

[thumbnail of AWAL.pdf] Text
AWAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)

Abstract

Salah satu faktor internal yang memengaruhi prestasi belajar yaitu kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional dibutuhkan untuk mencapai tugas perkembangan dewasa awal. Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar pada mahasiswa Program Studi Ilmu Farmasi di Universitas Harapan Bangsa. Penelitian ini menggunakan survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner Emotional Intelligence Scale (EIS). Sampel penelitian sebanyak 69 responden dengan teknik total sampling. Analisis data penelitian menggunakan uji chi square.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa kecerdasan emosional sebagian besar pada kategori tinggi 44 (63, 8%) responden. Prestasi belajar memuaskan dalam kategori 24 (34,8 %) responden, kategori sangat memuaskan 37 (53,6%) responden dan kategori dengan pujian sebanyak 8 (11,6%) responden. Tidak ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mahasiswa Program Studi Ilmu Farmasi di Universitas Harapan Bangsa (p value = 0,076).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa Farmasi, Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar
Subjects: Kesehatan > Keperawatan
Divisions: Fakultas Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Fuad Wahyu Budianto
Date Deposited: 13 Oct 2021 02:33
Last Modified: 09 Sep 2022 06:55
URI: http://eprints.uhb.ac.id/id/eprint/204

Actions (login required)

View Item
View Item