STUDI PREVALENSI DISMENORE DAN PENGARUHNYA TERHADAP KUALITAS HIDUP SISWI DI MADRASAH ALIYAH SALAFIYAH KARANGTENGAH WARUNGPRING PEMALANG

Rahayu, Cahyaning Ayu (2013) STUDI PREVALENSI DISMENORE DAN PENGARUHNYA TERHADAP KUALITAS HIDUP SISWI DI MADRASAH ALIYAH SALAFIYAH KARANGTENGAH WARUNGPRING PEMALANG. S1 thesis, Universitas Harapan Bangsa.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dismenore merupakan nyeri perut bagian bawah yang dapat meluas hingga ke pinggang, punggung bagian bawah dan paha, bahkan kadang sangat emosional, dan dapat menimbulkan kecemasan yang berlebihan sehingga dapat menambah keluhan nyeri semakin hebat. Kualitas hidup adalah suatu respon emosi dari penderita terhadap aktivitas sosial, emosional, adanya kepuasan dalam melakukan fungsi fisik, sosial dan emosional serta kemampuan mengadakan sosialisasi dengan orang lain.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dismenore terhadap kualitas hidup siswi di Madrasah Aliyah Salafiyah Karangtengah Warungpring Pemalang dilakukan pada bulan April 2013.
Penelitian ini merupakan survey analitik, dengan pendekatan Cross - Sectional. Tekhnik pengambilan sampel dilakukan dengan Propotional Sampling yaitu sebanyak 55 sampel. Analisis yang digunakan yaitu Regresi Linear Sederhana.
Hasil penelitian terdapat pengaruh yang signifikan antara dismenore terhadap kualitas hidup siswi dengan nila P value = 0,004, dengan korelasi yang rendah (r = -0,377). Hal ini menujukan semakin rendah tingkat dismenore semakin tinggi kualitas hidup siswi. Nilai koefisiensi dengan determinasi (0,142) mempunyai persamaan garis regresi rendah yaitu sekitar 14% dismenore yang mempengaruhi variabel kualitas hidup siswi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Dismenore, Kualitas hidup
Subjects: Kesehatan > Keperawatan
Divisions: Fakultas Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Fuad Wahyu Budianto
Date Deposited: 16 Nov 2021 02:03
Last Modified: 29 Aug 2022 07:52
URI: http://eprints.uhb.ac.id/id/eprint/2114

Actions (login required)

View Item
View Item