HAYANTY, RINA (2013) PERBEDAAN PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA PRASEKOLAH DI LINGKUNGAN BERMAIN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DAN DI LINGKUNGAN BERMAIN NON PAUD DI KECAMATAN KALIBAGOR KABUPATEN BANYUMAS. S1 thesis, Universitas Harapan Bangsa.
SKRIPSI LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Pendidikan Anak Usia Dini atau disingkat PAUD adalah suatu upaya
pembinaan yang ditujukan bagi anak melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak. Sedangkan pengasuhan anak dikeluarga umumnya berlangsung dalam lingkungan yang bersifat melindungi anak.
Akibatnya akan menjadikan anak menjadi kurang reaktif dan bersifat menunggu.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan perkembangan sosial
anak usia prasekolah di lingkungan bermain PAUD dan di lingkungan bermain non PAUD di kecamatan Kalibagor kabupaten Banyumas.
Desain penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif dengan pendekatan
comperative. Sampel menggunakan teknik total sampling. Didapatkan 40 responden.
Penelitian ini menggunakan uji Mann Whitney U.
Dari hasil penelitian pada anak yang merupakan siswa PAUD sebagian besar perkembangan sosial anak pada kategori baik sebanyak 14 responden (70%) dan pada anak yang bukan merupakan siswa PAUD sebagian besar perkembangan sosial anak pada kategori kurang sebanyak 9 responden (45%). Setelah dilakukan uji mann Whitney didapatkan hasil signifikan P= 0.000. Ha diterima.
Ada perbedaan perkembangan sosial anak usia prasekolah di lingkungan
bermain PAUD dan di lingkungan bermain non PAUD di kecamatan Kalibagor kabupaten Banyumas.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perkembangan sosial, prasekolah, lingkungan bermain, PAUD |
Subjects: | Kesehatan > Keperawatan |
Divisions: | Fakultas Kesehatan > S1 Keperawatan |
Depositing User: | Salman Al Farizi |
Date Deposited: | 16 Nov 2021 08:42 |
Last Modified: | 26 Aug 2022 07:15 |
URI: | http://eprints.uhb.ac.id/id/eprint/2149 |