EFEKTIFITAS PENGGUNAAN LEAFLET DALAM METODE CERAMAH TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN SISWA TENTANG NAPZA( GANJA DAN SABU – SABU ) DI SMP N 2 KEMBARAN

PURNIASARI, MELY (2013) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN LEAFLET DALAM METODE CERAMAH TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN SISWA TENTANG NAPZA( GANJA DAN SABU – SABU ) DI SMP N 2 KEMBARAN. S1 thesis, Universitas Harapan Bangsa.

[thumbnail of SKRIPSI MELY PURNIASARI.pdf] Text
SKRIPSI MELY PURNIASARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Masalah sosial dan masalah kesehatan seperti penyalahgunaan NAPZA
pada umumnya sedang dihadapi oleh remaja saat ini. Sebanyak 2,3 juta
penyalahgunaan NAPZA adalah remaja (UNAIDS, 2004). Kurangnya
pengetahuan tentang NAPZA disebabkan karena pendidikan kesehatan yang diberikan di sekolah, ceramah dan leaflet masih jarang. Untuk mencapai hal tersebut program pencegahan melalui sekolah dianggap metode yang efektif yang memberikan materi untuk mencapai tujuan pendidikan, yaitu peningkatan pengetahuan tentang pencegahan penyalahgunaan NAPZA.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas penggunaan leaflet
terhadap tingkat pengetahuan remaja tentang NAPZA di SMP N 2 Kembaran. Penelitian ini menggunakan rancangan pretest-posttest with control group design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling dengan jumlah sampel 82 responden.Hasil analisa dengat uji t terdapat perbedaan nilai rata-rata pengetahuan siswa kelompok perlakuan dan kontrol dengan
ceramah dan media leaflet. Hasil uji pair-t test diperoleh nilai p=0,000. Artinya Perbedaan signifikan antara kelompok ceramah dan Ceramah dan leaflet. Dari besarnya rata-rata dapat diketahui bahwa kelompok Ceramah dan leaflet lebih baik dibanding kelompok ceramah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Remaja, NAPZA, ceramah, leaflet,pengetahuan
Subjects: Kesehatan > Keperawatan
Divisions: Fakultas Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Salman Al Farizi
Date Deposited: 17 Nov 2021 06:20
Last Modified: 29 Aug 2022 03:58
URI: http://eprints.uhb.ac.id/id/eprint/2157

Actions (login required)

View Item
View Item