PENGARUH TERAPI BERMAIN PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA PRASEKOLAH

SYLVIA ARISKA, RAFIDA (2020) PENGARUH TERAPI BERMAIN PUZZLE TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA PRASEKOLAH. S1 thesis, Universitas Harapan Bangsa.

[thumbnail of 1. AWAL.pdf] Text
1. AWAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[thumbnail of 2. BAB I.pdf] Text
2. BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)

Abstract

Latar belakang: Anak usia prasekolah merupakan usia dimana anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang pesat. Usia ini disebut sebagai usia emas (golden age). Salah satu perkembangan anak usia prasekolah adalah motorik halus. perkembangan motorik halus akan berdampak pada perkembangan lainnya, sehingga anak perlu diberikan stimulus. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan terapi bermain puzzle.
Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terapi bermain puzzle terhadap perkembangan motorik halus pada anak usia prasekolah.
Metode: Desain penelitian ini menggunakan deskriptif dengan jenis penelitian studi literatur review. Proses pemilihan artikel ditentukan sesuai dengan kriteria inklusi. Metode strategi pencarian untuk mendapatkan jurnal menggunakan kata kunci untuk jurnal nasional yaitu Anak Prasekolah, atau Terapi Bermain Puzzle pada Anak Usia Prasekolah, atau Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia Prasekolah, atau Pengaruh Terapi Bermain Puzzle terhadap Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia Prasekolah dan Efektivitas Terapi Bermain Puzzle terhadap Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia Prasekolah, sedangkan untuk jurnal Internasional yaitu Preschool, atau Puzzle, atau Fine Motor, atau The Effect Of Puzzle games On Fine Motor of Preschooler. Hasil: Terapi bermain puzzle dapat meningkatkan perkembangan motorik halus pada anak usia prasekolah.
Kesimpulan: Berdasarkan hasil tinjauan literatur dari 10 jurnal yang dipaparkan didapatkan bahwa adanya pengaruh terapi bermain puzzle terhadap perkembangan motorik halus pada anak usia prasekolah dan terapi bermain puzzle merupakan salah satu terapi yang efektif terhadap peningkatan
perkembangan motorik halus anak prasekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motorik Halus. Prasekolah, Terapi Bermain Puzzle
Subjects: Kesehatan > Keperawatan
Divisions: Fakultas Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Salman Al Farizi
Date Deposited: 13 Oct 2021 06:21
Last Modified: 30 Aug 2022 02:28
URI: http://eprints.uhb.ac.id/id/eprint/249

Actions (login required)

View Item
View Item