FITRIYAH, ALISA FIKHUL (2022) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DARING DENGAN STRES AKADEMIK PADA SISWA KELAS X SMAN 1 BANTARKAWUNG KABUPATEN BREBES. S1 thesis, UNIVERSITAS HARAPAN BANGSA.
1. AWAL.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (241kB)
2. BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (113kB)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (107kB)
Abstract
Latar Belakang:Pendidikan merupakan bentuk pengembangan diri untuk mengetahui
potensi yang dimiliki. Adanya pademi covid-19 seluruh pendidikan di Indonesia
melakukan pembelajaran secara daring. Proses pembelajaran daring membuat siswa
mengalami stres yang di akibatkan karena banyaknya tugas dari sekolah, stres yang tidak
dikelola dengan baik akan menimbulkan motivasi belajar siswa menurun.
Tujuan: untuk mengetahui hubungan motivasi belajar daring dengan stres akademik pada
siswa kelas X SMAN 1 Bantarkawung.
Metode: penelitian ini adalah menggunakan penelitian korelasi. Teknik sampling dengan
proportionate stratified random sampling sebanyak 72 responden. Analisis data
menggunakan uji spearman-rank. Data diambil dengan menggunakan kuesioner skala
motivasi belajar daring dan stres akademik.
Hasil: penelitian hubungan motivasi belajar daring dengan stres akademik pada siswa kelas
X SMAN 1 Bantarkawung menunjukkan karakteristik responden berdasarkan jenis
kelamin yang paling dominan adalah perempuan yaitu 43 siswa. Berdasarkan motivasi
belajar daring paling dominan berada pada kategori rendah yaitu sebanyak 40 responden
(55%). Berdasarkan stres akademik paling dominan berada pada kategori tinggi yaitu
sebanyak 46 responden (63%) dan terdapat hubungan antara motivasi belajar daring dengan
stres akademik dengan p-vaue -0,635.
Kesimpulan: terdapat hubungan antara motivasi belajar daring dengan stres akademik
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Siswa, Motivasi Belajar Daring, Stres Akademik |
Subjects: | Kesehatan > Keperawatan Kesehatan |
Divisions: | Fakultas Kesehatan > S1 Keperawatan |
Depositing User: | Lutfiah Zainur Rokhmi |
Date Deposited: | 22 Nov 2023 06:52 |
Last Modified: | 22 Nov 2023 06:52 |
URI: | http://eprints.uhb.ac.id/id/eprint/2542 |