PUTRA, ANDIKA PARNOMO (2022) HUBUNGAN ACADEMIC SELF EFFICACY DENGAN KEJADIAN ACADEMIC BURNOUT PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI FARMASI PROGRAM SARJANA FAKULTAS KESEHATAN DI UNIVERSITAS HARAPAN BANGS. S1 thesis, UNIVERSITAS HARAPAN BANGSA.
1. AWAL.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (513kB)
2. BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (446kB)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (382kB)
Abstract
Academic self efficacy merupakan keyakinan mahasiswa dalam belajar, mampu mengatur
waktu dan lingkungan belajar secara lebih efektif. Menurunnya Academic self efficacy
mahasiswa dapat meningkatkan kejadian academic burnout. Academic burnout
merupakan perasaan lelah bagi mahasiswa karena tuntutan studi, dan perasaan tidak
kompeten sebagai seorang mahasiswa yang menyebabkan stres, dan faktor psikologis
lainnya. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan academic self efficacy dengan
kejadian academic burnout pada mahasiswa Program Studi Farmasi Program Sarjana
Fakultas Kesehatan di Universitas Harapan Bangsa, menggunakan metode kuantitatif
dengan pendekatan cross sectional. Responden penelitian yaitu semua mahasiswa
Farmasi. Teknik pengambilan sampel probability sampling proportionate stratified
random sampling sebanyak 190 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner
Academic Self Efficacy Scale dan Maslach Burnout Inventory-Student Survey, dengan
analisis uji Spearman Rank. Hasil penelitian Academic self efficacy pada mahasiswa
Farmasi pada kategori sedang (62,1%) dan academic burnout pada kategori sedang
(52,6%). Hasil analisis terdapat hubungan academic self efficacy dengan kejadian
academic burnout pada mahasiswa Farmasi dengan p value 0,000 (p<a).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | academic burnout, academic self efficacy, mahasiswa |
Subjects: | Kesehatan > Keperawatan Kesehatan |
Divisions: | Fakultas Kesehatan > S1 Keperawatan |
Depositing User: | Lutfiah Zainur Rokhmi |
Date Deposited: | 22 Nov 2023 07:01 |
Last Modified: | 22 Nov 2023 07:01 |
URI: | http://eprints.uhb.ac.id/id/eprint/2544 |