HUBUNGAN POLA KOMUNIKASI KELUARGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI SMK MA’ARIF NU 1 AJIBARANG

FITRIANA, FITRIANA (2022) HUBUNGAN POLA KOMUNIKASI KELUARGA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI SMK MA’ARIF NU 1 AJIBARANG. S1 thesis, UNIVERSITAS HARAPAN BANGSA.

[thumbnail of AWAL] Text (AWAL)
1. awal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (729kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
2. BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)

Abstract

Pandemi Covid-19 ini telah mengubah pola pembelajaran yang semestinya tatap
muka menjadi pembelajaran jarak jauh atau biasa disebut daring. Pembelajaran
daring merupakan sebuah inovasi pendidikan yang melibatkan unsur teknologi
informasi dalam pembelajaran. Upaya orang tua dalam meningkatkan motivasi
belajar anak membutukan komunikasi, komunikasi antara orang tua dan anak
sangat di perlukan di dalam proses pendidikan. Dengan adanya penerapan gaya
komunikasi yang baik dan menyenangkan secara tidak langsung hal ini juga
mampu menumbuhkan semangat atau bahkan memotivasi belajar siswa terhadap
suatu mata pelajaran. Tujuan umum peneliti ini adalah untuk mengetahui
hubungan pola komunikasi keluarga dengan motivasi belajar siswa pada
pembelajaran daring di SMK Ma’arif NU Ajibarang. Metode penelitian yang
digunakan yaitu deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Teknik
pengambilan sampel dalam penelitian ini peneliti menggunakan proportionate
stratified random sampling sebanyak 84 responden. Analisis data yang digunakan
yaitu analisis univariat dan analisis bivariate dengan uji spearman rank. Hasil
penelitian menunjukan bahwa Usia yang paling dominan yaitu usia 16 tahun
(38,1%), dengan jenis kelamin perempuan (76,2%). Pola komunikasi keluarga
siswa yang paling dominan yaitu pola komunikasi keluarga baik (46,4%).
Motivasi belajar siswa yang paling dominan kategori sedang (45,5%). Hasil
analisi menujukan terdapat hubungan pola komunikasi keluarga dengan motivasi
belajar siswa pada pembelajaran daring di SMK Ma’arif NU Ajibarang dengan p
value 0,016 (p<0,05) dengan CC 0,262.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pola komunikasi keluarga, motivasi belajar dan siswa
Subjects: Kesehatan > Keperawatan
Kesehatan
Divisions: Fakultas Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Lutfiah Zainur Rokhmi
Date Deposited: 22 Nov 2023 08:38
Last Modified: 22 Nov 2023 08:38
URI: http://eprints.uhb.ac.id/id/eprint/2568

Actions (login required)

View Item
View Item