GAMBARAN PERILAKU CARING PENATA ANESTESI, PERAWAT KAMAR BEDAH DAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI BEDAH SENTRAL RSUD MARIA WALANDA MARAMIS MINAHASA UTARA

TAKALIUANG, FRISTELA (2022) GAMBARAN PERILAKU CARING PENATA ANESTESI, PERAWAT KAMAR BEDAH DAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI BEDAH SENTRAL RSUD MARIA WALANDA MARAMIS MINAHASA UTARA. S1 thesis, UNIVERSITAS HARAPAN BANGSA.

[thumbnail of AWAL] Text (AWAL)
AWAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan umumnya karena
perilaku caring yang diberikan oleh perawat (Watson, 2011).Perasaan yang ingin
melindungi, menjaga, memberi dukungan dan motivasi kepada pasien adalah
gambaran sikap dari seorang perawat yang caring. Tujuan: untuk mengetahui
Gambaran Perilaku Caring Penata Anestesi Dan Perawat Kamar Bedah Dengan
Tingkat Kepuasan Pasien di Instalasi Bedah Sentral Rsud Maria Walanda Maramis.
Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yaitu penelitian
yang menggunakan angka-angka untuk menganalisis subyek penelitian. Penelitian
ini menggunakan rancangan penelitian observasional analitik. Populasi dalam
penelitian ini adalah semua pasien bedah berjumlah 31 orang, Pada penelitian ini
menggunakan tekhnik pengambilan Convenience sampling adalah pengambilan
sampel didasarkan pada ketersediaan elemen dan kemudahan untuk
mendapatkannya. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisa data yang
digunakan analisis univiariat. Hasil Penelitian Perilaku caring penata anestesi dan
perawat kamar bedah sebagian besar berperilaku baik berjumlah 24 orang (77,4%).
Sedangkan Kepuasan pasien selama perawatan sebagian besarpuas berjumlah 20
orang (64,5%). Untuk kepuasan responsiveness sebagian besar puas 24 orang
(77,4%), kepuasan realibility sebagian besar puas 23 orang (74,2%), kepuasan
empati sebagian besar puas 25 orang (80,6%) kepuasan assurance sebagian besar
puas berjumlah 23 orang (74,2%) kepuasan tangibles sebagian besar puas berjumlah
20 orang (64,5%). Saran Diharapkan peneliti yang lain dapat meneliti gambaran
perilaku caring penata anestesi dan perawat kamar bedah terhadap tingkat kepuasan
pasien selama perawatan perioperatif di Instalasi Bedah Sentral RSUD Maria
Walanda Maramis Minahasa Utara.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Caring Penata Anestesi, Perawat, Kepuasan Pasien.
Subjects: Kesehatan > Keperawatan Anestesiologi
Kesehatan
Divisions: Fakultas Kesehatan > D4 Keperawatan Anestesiologi
Depositing User: Lutfiah Zainur Rokhmi
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:10
Last Modified: 12 Jan 2024 02:10
URI: http://eprints.uhb.ac.id/id/eprint/2913

Actions (login required)

View Item
View Item