HUBUNGAN WAKTU TUNGGU DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG IGD RSU PKU MUHAMMADIYAH PURBALINGGA

MANDIRI, TANJUNG (2023) HUBUNGAN WAKTU TUNGGU DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG IGD RSU PKU MUHAMMADIYAH PURBALINGGA. S1 thesis, UNIVERSITAS HARAPAN BANGSA.

[thumbnail of AWAL] Text (AWAL)
AWAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)

Abstract

Penumpukan pasien atau overcrowded di IGD yang salah satu penyebabnya adalah waktu
tunggu yang terlalu lama. Meningkatnya kualitas layanan, maka kepuasan pasien juga
meningkat. Tujuan dari penelitian ini mengetahui korelasi waktu menunggu dengan
kepuasan pasien di ruang IGD RSU PKU Muhammadiyah Purbalingga. Penelitian
dilakukan menggunakan metodologi deskriptif korelasional melalui pendekatan cross
sectional. Sebanyak 105 partisipan pada teknik quota sampling yang digunakan untuk
penelitian ini. Data diambil dengan melakukan pengukuran waktu tunggu menggunakan
stopwatch dan lembar observasi, sedangkan kepuasan pasien menggunakan kuesioner
BEPSS. Kesimpulan penelitian ditemui mayoritas responden mempunyai waktu tunggu
cepat sebesar 96 responden (91,4%), sedangkan kepuasan pasien sebagian besar
responden puas sebanyak 57 responden (54,3%), dan analisis uji spearman rank
mendapatkan nilai ρ value 0,033< ɑ 0,05 dan koefisien korelasi 0,208 yang artinya
korelasi kedua variabel tersebut lemah, sehingga dihasilkan adanya korelasi pada waktu
tunggu dengan kepuasan pasien di ruang IGD RSU PKU Muhammadiyah Purbalingga.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: waktu tunggu, kepuasan pasien, IGD
Subjects: Kesehatan > Keperawatan
Kesehatan
Divisions: Fakultas Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Lutfiah Zainur Rokhmi
Date Deposited: 18 Jun 2025 02:39
Last Modified: 18 Jun 2025 02:39
URI: http://eprints.uhb.ac.id/id/eprint/3423

Actions (login required)

View Item
View Item