ADININGSIH, INES (2023) ANALISIS PERBANDINGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DAN UMUM TERHADAP KUALITAS PELAYANAN INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN RST WIJAYAKUSUMA PURWOKERTO. S1 thesis, UNIVERSITAS HARAPAN BANGSA.
![[thumbnail of AWAL]](http://eprints.uhb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
AWAL.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (504kB)
![[thumbnail of BAB I]](http://eprints.uhb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (104kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]](http://eprints.uhb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (179kB)
Abstract
Tingkat kepuasan pasien berkaitan dengan pelayanan kefarmasian yang
disampaikan kepada pasien, dimana pasien merasa puas apabila mendapatkan
pelayanan sesuai yang diharapakan. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk
mengukur kepuasan adalah menggunakan metode Servqual (Service Quality).
Upaya memberikan kepuasan pasien terhadap pelayanan harus menyeluruh kepada
semua jenis pasien baik pasien umum maupun BPJS. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui tingkat kepuasan pasien BPJS dan Umum serta untuk mengetahui
perbedaan kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien Umum dan BPJS di
instalasi farmasi rawat jalan RST Wijayakusuma Purwokerto. Jenis Penelitian ini
kuantitatif dengan rancangan cross sectional dan menggunakan teknik sampling
purposive sampling sebanyak 200 responden. Pengumpulan data didapatkan
menggunakan kuesioner. Kemudian data dianalisis menggunakan statistik uji Mann
Whitney karena terdapat data yang tidak normal dan tidak homogen. Hasil
penelitian menunjukan pasien merasa puas dengan persentase pada dimensi
reliability pasien BPJS (64%) pasien umum (75%), dimensi tangible pasien BPJS
(67%) pasien umum (82%), dimensi assurance pasien BPJS (78%) pasien umum
(81%), dimensi responsiveness pasien BPJS (79%) pasien umum (85%), pada
dimensi emphaty pasien BPJS (80%) dan pasien umum (81%). Berdasarkan uji
statistik diperoleh hasil dengan nilai p value 0,109 > 0,05 yang berarti tidak
ditemukan perbedaan signifikan kualitas pelayanan pada semua dimensi
(reliability, tangible, assurance, responsiveness, emphaty) di instalasi faramasi
rawat jalan RST Wijayakusuma terhadap pasien BPJS dan pasien umum.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan, Kualitas Pelayanan, BPJS, Umum, Rawat Jalan |
Subjects: | Kesehatan > Farmasi Kesehatan |
Divisions: | Fakultas Kesehatan > S1 Farmasi |
Depositing User: | Lutfiah Zainur Rokhmi |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 04:05 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 04:05 |
URI: | http://eprints.uhb.ac.id/id/eprint/3453 |