HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT INSTALASI RAWAT INAP DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG DAHLIA RSUD Dr. R. GOETENG TAROENADIBRATA PURBALINGGA

Pujianto, Rizki (2019) HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT INSTALASI RAWAT INAP DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG DAHLIA RSUD Dr. R. GOETENG TAROENADIBRATA PURBALINGGA. S1 thesis, Universitas Harapan Bangsa.

[thumbnail of 1. Awal.pdf] Text
1. Awal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[thumbnail of 2. Bab I.pdf] Text
2. Bab I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[thumbnail of 7. Daftar Pustaka.pdf] Text
7. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)

Abstract

Perilaku caring terhadap pasien merupakan esensi keperawatan yang dapat memberi kontribusi positif terhadap kepuasan pasien dalam menerima layanan keperawatan. Seorang perawat harus memiliki perilaku caring dalam melakukan pelayanan akan memengaruhi kepuasan pasien. Kepuasan pasien tergantung pada kinerja dalam memberikan suatu pelayanan, bila kinerja jauh lebih rendah daripada harapan pasien, pasien tidak puas dan bila kinerja pelayanan sesuai dengan harapan maka pasien merasa sangat puas. Hasil pra survey diperoleh bahwa jumlah perawat di RSUD Dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga sebanyak 278 perawat dan semua perawat mengakui keberadaan pasien sebagai manusia, dan memberikan pelayanan keperawatan sesuai serta menerapkan komunikasi terapeutik.
Tujuan untuk mengetahui hubungan caring dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang Dahlia RSUD Dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga.
Mtode penelitian yaitu kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelatif. Pendekatan yang digunakan saat penelitian adalah cross sectional. Responden dalam penelitian ini pasien yang menjalani rawat inap di Ruang Dahlia yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data menggunakan uji spearman rank.
Hasil penelitian bahwa caring perawat di Ruang Dahlia RSUD Dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga yang paling dominan pada kategori cukup 23 responden (44,2%). Tingkat kepuasan pasien di Ruang Dahlia RSUD Goeteng Taroenadibrata Purbalingga lebih dari separuh berada pada kategori puas 34 responden (65,4%). Terdapat hubungan antara caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang Dahlia RSUD Dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga dengan p value sebesar 0,031 (p<0,05) coefficient correlation sebesar 0,300 dapat diartikan semakin baik caring perawat maka pasien akan semakin puas

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Caring, Tingkat kepuasan dan Pasien
Subjects: Kesehatan > Keperawatan
Divisions: Fakultas Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Fuad Wahyu Budianto
Date Deposited: 14 Oct 2021 09:22
Last Modified: 06 Sep 2022 03:36
URI: http://eprints.uhb.ac.id/id/eprint/487

Actions (login required)

View Item
View Item