Tania, Tania (2019) HUBUNGAN STIMULASI DAN STATUS GIZI DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 3-5 TAHUN DI PAUD INSAN MENTARI BANYUMAS. S1 thesis, Universitas Harapan Bangsa.
AWAL.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (327kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (423kB)
Abstract
Usia prasekolah merupakan periode emas bagi pertumbuhan otak dan perkembangan anak. Perkembangan anak dapat terhambat apabila lingkungan tidak mendukung seperti asupan gizi yang tidak adekuat, kurang stimulasi, dan tidak mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan stimulasi dan status gizi dengan perkembangan anak usia 3-5 tahun di PAUD Insan Mentari Banyumas. Jenis penelitian menggunakan deskriptif analitik korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Sampel berjumlah 35 anak dan pengasuhnya yang diambil menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner stimulasi, lembar DDST, timbangan dan microtoise. Analisis data menggunakan Uji Spearman Rank. Hasil Penelitian menunjukan 54,3% responden memiliki stimulasi yang cukup. Sebagian besar berstatus gizi normal (85,7%) dan mayoritas memiliki perkembangan normal (77,1%). Hasil uji statistik menunjukan ada hubungan antara stimulasi dengan perkembangan anak usia 3-5 tahun di PAUD Insan Mentari (p-value = 0,028) dan tidak ada hubungan antara status gizi dengan perkembangan anak usia 3-5 tahun di PAUD Insan Mentari (p-value = 0,311). Dengan demikian dapat diketahui bahwa stimulasi menjadi hal yang penting untuk perkembangan anak. Tenaga kesehatan hendaknya rutin melakukan skrining perkembangan dan memberikan informasi kepada guru atau pengasuh anak tentang stimulasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perkembangan Anak, Stimulasi, Status Gizi |
Subjects: | Kesehatan > Keperawatan |
Divisions: | Fakultas Kesehatan > S1 Keperawatan |
Depositing User: | Fuad Wahyu Budianto |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 01:03 |
Last Modified: | 07 Sep 2022 06:19 |
URI: | http://eprints.uhb.ac.id/id/eprint/591 |