HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN MINAT KLIEN MEMANFAATKAN KEMBALI PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS MAOS KABUPATEN CILACAP 2018

Santoso, Rambat Aji (2018) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN MINAT KLIEN MEMANFAATKAN KEMBALI PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS MAOS KABUPATEN CILACAP 2018. S1 thesis, Universitas Harapan Bangsa.

[thumbnail of Awal-Rambat Aji.pdf] Text
Awal-Rambat Aji.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (762kB)
[thumbnail of 2 Bab I PENDAHULUAN.pdf] Text
2 Bab I PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[thumbnail of 7 Daftar Pustaka.pdf] Text
7 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)

Abstract

Rambat Aji Santosa, Thopan Heri Wibowo, Indri Heri Susanti
Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Minat Klien Memanfaatkan Kembali Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Maos Kabupaten Cilacap 2018
xv + 104 halaman + 6 Tabel + 3 Gambar + 12 Lampiran

ABSTRAK

Mutu pelayanan kesehatan merupakan sesuatu yang diputuskan pelanggan dan merupakan salah satu usaha memenuhi harapan pelanggan atau pasien yang erat kaitannya dengan minat pelanggan atau pasien untuk memanfaatkan kembali pelayanan kesehatan yang digunakan sebelumnya. Minat pelanggan atau pasien sangat dipengaruhi oleh pengalaman pelanggan terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan sebelumnya, apabila yang dirasakan memenuhi atau melebihi harapan maka mutu pelayanan kesehatan akan dipersepsikan baik sehingga mereka berminat untuk menggunakan jasa pelayanan kesehatan tersebut kembali.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan minat klien memanfaatkan kembali pelayanan kesehatan di Puskesmas Maos Kabupaten Cilacap Tahun 2018. Jenis penelitian ini menggunakan metode correlation study dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling yakni kepada 100 orang responden klien yang sudah menjalani memanfaatkan pelayaan kesehatan. Data diambil dengan melakukan wawancara kuisoner kepada klien yang sudah menerima jasa pelayanan kesehatan.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa Pvalue = 0,0001 < nilai α 0,05 sehingga terdapat penolakan pada H0 dan penerimaan Ha. Dengan kata lain terdapat hubungan antara mutu pelayanan kesehatan dengan minat klien memanfaatkan kembali pelayanan kesehatan di Puskesmas Maos Kabupaten Cilacap 2018.

Kata Kunci : Mutu pelayanan kesehatan, minat memanfaatkan kembali.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Kesehatan > Keperawatan
Divisions: Fakultas Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Fuad Wahyu Budianto
Date Deposited: 21 Oct 2021 06:07
Last Modified: 21 Oct 2021 06:07
URI: http://eprints.uhb.ac.id/id/eprint/961

Actions (login required)

View Item
View Item